Dua Jenis Digital Marketing yang Diterapkan pada Perusahaan Daerah

Dua Jenis Digital Marketing yang Diterapkan pada Perusahaan Daerah's photo

Widyamuktiwaskito

September 18, 2021 · 16 min read

Illustration of Dua Jenis Digital Marketing yang Diterapkan pada Perusahaan Daerah

Penugasan ini merupakan bagian dari Penerapan Strategi Marketing Produk dan Layanan PD PAL JAYA.

 

PD PAL JAYA adalah perusahaan daerah milik Pemprov DKI Jakarta yang bergerak di tiga bidang. Yaitu jasa layanan pengelolaan air limbah sistem perpipaan; jasa layanan pengelolaan air limbah sistem setempat; dan layanan lumpur tinja terjadwal atau yang sering kita kenal dengan sedot WC. 

 

Tujuan utama penerapan digital marketing ini adalah untuk membantu PD PAL JAYA melaksanakan strategi marketingnya dalam mencapai target peningkatan jumlah pengguna produk dan layanan di tahun berikutnya. Peran kami dalam mendukung hal tersebut adalah dengan menyediakan layanan digital marketing yang mengarah pada kunjungan ke landing page dari produk dan layanan PD PAL JAYA. Layanan tersebut terbagi menjadi dua jenis digital marketing. Yaitu, Search Engine Marketing dan Social Media Marketing. Taktik Remarketing juga diterapkan untuk memaksimalkan digital marketing plan yang sudah disusun.

 

Goals

 

Work Process

Research & Analyze

 

Berhubung ada dua jenis digital marketing ditambah satu taktik yang kami giatkan dalam mendatangkan traffic ke website PD PAL JAYA, maka pendekatan dalam mengidentifikasi siapa target audience dari digital marketing plan yang disusun pun kami bagi menjadi tiga pendekatan. Tiga pendekatan itu adalah sebagai berikut:

 

  1. Identifikasi keyword pencarian untuk Search Engine Marketing.

     

    Dikarenakan ada tiga landing page berbeda dengan peruntukan yang berbeda juga, maka kami melakukan keyword research terhadap tiga ketertarikan yang berbeda pula. Pada ketiga keyword research tersebut, kami dapat mengidentifikasi aspek-aspek apa saja yang terkait dengan pencarian pada masing-masing produk dan layanan PD PAL JAYA. Aspek-aspek tersebut adalah sebagai berikut:

    1. Sistem Perpipaan
      1. Ketertarikan pada objek “Limbah”
      2. Ketertarikan pada tema “Pengelolaan Limbah”
    2. Sistem Setempat
      1. Fitur
      2. Harga
      3. Lokasi
    3. Layanan Lumpur Tinja Terjadwal
      1. Fitur
      2. Harga
      3. Lokasi

     

  2. Identifikasi audience profile untuk Social Media Marketing.

     

    Penugasan Social Media Marketing hanya diperuntukan pada Layanan Lumpur Tinja Terjadwal. Sehingga, identifikasi audience profile yang dilakukan pun fokus pada target audience yang sesuai dengan layanan tersebut. Untuk menemukan audience yang tepat, kami meneliti Facebook Audience Insight dengan seksama. Audience yang kami susun pun terdiri dari beberapa aspek berikut:

    1. Lokasi
    2. Umur
    3. Peristiwa dalam kehidupan yang baru-baru ini terjadi
    4. Status sebagai orang tua
    5. Status hubungan

     

  3. Identifikasi tindakan di dalam website untuk taktik Remarketing.

     

    Remarketing merupakan sebuah taktik pada digital marketing yang sangat membantu dalam menyampaikan komunikasi kepada warm audience. Hal ini dikarenakan audience tersebut sebelumnya sudah pernah terpapar dengan informasi yang hendak disampaikan. Hanya saja, dalam Remarketing ini diperlukan kreativitas yang berbeda dari komunikasi sebelumnya dalam meyakinkan audience tersebut. Remarketing menjadi salah satu keunggulan digital marketing yang membuat komunikasi Anda hanya disampaikan kepada audience yang sudah memperlihatkan ketertarikan pada bisnis Anda melalui sebuah tindakan.

     

    Identifikasi audience pada pendekatan ini berlaku untuk kedua channel, Search Engine Marketing dan Social Media Marketing. Hanya saja, penerapannya dilaksanakan pada masing-masing platform. Tindakan yang dijadikan patokan pun berdasarkan pada kunjungan masing-masing landing page dari produk dan layanan yang sudah kami sampaikan sebelumnya, yaitu:

    1. Sistem Perpipaan
    2. Sistem Setempat
    3. Layanan Lumpur Tinja Terjadwal

     

    Sederhana namun bisa menjadi taktik yang powerful. Mengingat sulitnya keberhasilan komunikasi pada kesempatan pertama, maka perlu ada komunikasi yang lebih kreatif pada kesempatan kedua. Persepektif dan informasi yang diterima oleh audience pun menjadi semakin bertambah dalam memahami produk dan layanan yang kami komunikasikan.

 

Plan

 

Durasi: Lima minggu

 

Sebelum kami melaksanakan strategi digital marketing dalam mencapai tujuan, kami memetakan customer path dari sejak audience menerima iklan, baik dari Search Engine Marketing maupun Social Media Marketing, hingga audience tersebut mengontak layanan pelanggan dari PD PAL JAYA yang akan menjadi Leads bagi tim penjualan PD PAL JAYA. Untuk lebih mudahnya, Anda bisa melihat skema customer path berikut ini.

Pada skema di atas, Anda dapat melihat terdapat dua sumber traffic yang mengarahkan kunjungan kepada landing page website PD PAL JAYA, yaitu Search Engine Marketing dan Social Media Marketing. Dari landing page, ada dua kemungkinan skenario yang terjadi. Yang pertama adalah audience langsung tertarik mengenai informasi yang dipaparkan di website kemudian mengontak layanan pelanggan PD PAL JAYA untuk menjadi Leads. Yang kedua adalah audience mengalihkan kunjungan kepada hal lain. Entah audience tersebut menutup halaman landing page-nya atau beralih ke halaman lain di dalam website. Kami mengelompokkan tindakan seperti ini sebagai “Drop”.

 

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya mengenai sulitnya keberhasilan komunikasi pada kesempatan pertama, kami mengantisipasi tindakan Drop ini dengan menghadirkan komunikasi khusus untuk mereka yang sudah mengunjungi halaman-halaman landing page yang kami jadikan patokan. Atau disebut juga Remarketing. Komunikasi khusus tersebut dihadirkan melalui kreativitas yang berbeda dengan komunikasi pada kesempatan pertama untuk mengarahkan audience kembali kepada landing page website PD PAL JAYA. Fungsi digital marketing ini adalah untuk kembali meyakinkan audience dalam memilih layanan PD PAL JAYA sebagai layanan yang professional, resmi, dan terpercaya. Penentuan dua channel sebagai sarana Remarketing, yaitu Google Display Network dan Social Media Marketing, melihat dari kode tracking terpasang pada website PD PAL JAYA yang memungkinkan taktik Remarketing ini dijalankan.

 

Setelah diarahkan kembali ke landing page, alur audience berjalan seperti pada komunikasi pertama. Jika audience kemudian tertarik, maka mereka akan mengontak layanan pelanggan PD PAL JAYA untuk menjadi Leads. Jika Drop kembali, maka mereka akan mendapatkan komunikasi kembali untuk diarahkan kepada landing page kembali. Hal ini dilakukan dengan cross platform antara Google dan Facebook.

 

Publish

 

Penerapan Digital Marketing dilakukan dengan memproduksi materi iklan yang dijalankan pada dua channel, yaitu Search Engine Marketing dan Social Media Marketing. Berikut ini adalah detail placement iklan dari kedua channel tersebut.

  • Search Engine Marketing
    • Google SERP (Search Engine Result Page)
  • Social Media Marketing
    • Facebook Feed
    • Facebook Story
    • Instagram Feed
    • Instagram Explore
    • Instagram Story

 

Sedangkan untuk placement Remarketing adalah sebagai berikut.

  • Google Ads
    • Google Display Network
    • Youtube Ads
  • Social Media Marketing
    • Facebook Feed
    • Facebook Story
    • Instagram Feed
    • Instagram Explore
    • Instagram Story

 

Berikut ini adalah beberapa contoh materi kreatif yang kami publikasikan untuk mencapai tujuan kami.

Search Engine Marketing – Google SERP

Social Media Marketing

Google Display Network

 

Pada perkembangannya, dikarenakan ada masalah teknis yang terjadi pada website PD PAL JAYA selama penerapan digital marketing ini, maka durasi iklan diperpanjangan dari yang tadinya lima minggu menjadi delapan minggu. Hal ini dilakukan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi pada website PD PAL JAYA terlebih dulu. Hal ini menjadi salah satu bagian dari layanan kami dalam memaksimalkan penerapan digital marketing ini.

 

Research & Analyze

Hasil dari Search Engine Marketing dan Remarketing-nya selama delapan minggu

Hasil dari Social Media Marketing dan Remarketing-nya untuk landing page Layanan Lumpur Tinja Terjadwal selama delapan minggu

 

Setelah delapan minggu kami menjalankan Search Engine Marketing dan Social Media Marketing, kami menemukan beberapa kesimpulan sebagai berikut.

  • Untuk iklan yang mengarahkan kepada landing page Layanan Lumpur Tinja Terjadwal, keyword dengan aspek terkait fitur layanan memberikan hasil yang paling baik dibandingkan dengan keyword dengan aspek terkait yang lain.
  • Untuk iklan yang mengarahkan kepada landing page Sistem Perpipaan dan Sistem Setempat, materi iklan yang berkarakter hard selling tampak memberikan hasil yang lebih baik dalam mendatangkan traffic ke dalam halaman website.
  • Variasi keyword yang dicari oleh audience, terutama audience yang ditargetkan untuk mengarah ke landing page Layanan Lumpur Tinja Terjadwal melebihi ekspektasi awal kami. Hal tersebut berarti beragamnya latar belakang audience yang melakukan pencarian pada layanan tersebut.
  • Beberapa temuan pencarian dari audience yang memiliki keterikatan dengan aspek lokasi menjadi bahan business intelligence yang berguna untuk PD PAL JAYA dalam menentukan lokasi pendirian kantor cabang selanjutnya. Hal ini penting untuk lebih mendekatkan diri kepada calon pelanggan dan memberikan layanan yang lebih cepat dan lebih baik.
  • Social Media Marketing yang dihubungkan langsung dengan nomer Whatsapp yang terdaftar pada Facebook page menjadi keuntungan tersendiri dalam mencapai tujuan bisnis, yaitu mendatangkan Leads. Hal ini dikarenakan Whatsapp yang termasuk ke dalam jaringan Facebook. Sehingga hal tersebut memungkinkan kami melacak iklan yang mengarah pada kontak ke Whatsapp tersebut lebih baik lagi.

 

Result

Pada akhirnya, penerapan digital marketing ini berhasil mendatangkan total 21.151 kunjungan ke website PD PAL JAYA. Dengan tambahan sebanyak 188 kontak ke Whatsapp PD PAL JAYA untuk Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (Sedot WC) yang berhasil dilacak. Perbaikan yang dilakukan setiap minggunya pada kinerja iklan pun, berujung pada penurunan biaya per klik. Hal ini menjadi salah satu keunggulan digital marketing dalam memberikan insight bagi bisnis klien secara terukur. Sekaligus, menjadi bukti bahwa layanan yang kami berikan memberikan dampak yang positif bagi bisnis klien.

 

Conclusion

 

Cara kerja digital marketing pada layanan publik yang menjangkau audience secara efektif dan efisien mampu menjadi langkah cerdas bagi sebuah perusahaan daerah dalam mendatangkan dampak positif bagi bisnis itu sendiri. Dengan semakin pesatnya transformasi digital terutama setelah pandemi COVID-19, kompetisi pada digital marketing dalam memperebutkan perhatian audience pun menjadi lebih tinggi. Namun begitu, dengan riset dan perencanaan awal yang matang, digital marketing plan yang dijalankan mampu tetap berkontribusi secara positif pada bisnis perusahaan.

 

Melihat tingginya atas pencarian dan minat untuk layanan pengelolaan air limbah rumah tangga pada khususnya dan layanan publik pada umumnya di ranah digital, perusahaan yang belum memiliki digital marketing plan pada strategi pemasarannya dapat memasukannya sebagai langkah yang berpotensi mendatangkan pemasukan bagi perusahaan. Dengan begitu, perusahaan tersebut mampu menjangkau audience yang sudah disasar dengan terukur. Sekaligus, dapat berkompetisi dengan lebih baik lagi di era digital saat ini dengan kompetitor lainnya.